Profil Desa Talang


  



    Desa Talang adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep. Desa Talang memiliki enam (6) dusun, yaitu Dusun Talang Laok, Dusun Laok Lorong, Dusun Baratan, Dusun Ares Tengah, Dusun Ares Temur dan Dusun Serseran. Adapula pola pembangunan lahan didesa Talang sendiri lebih didominasi oleh kegiatan pertanian baik itu komoditas jagung, padi, tembakau, sawi, melon, kacang dan komoditas yang lain. Di desa Talang juga terdapat banyak sekali kelapa yang belum dimanfaatkan warga secara maksimal. Dengan banyaknya sawah yang ada didesa ini dan kurang adanya industri membuat desa ini masih tergolong desa berkembang. 

    Desa Talang memiliki luas sekitar 814,09 Ha dan penduduk desa kurang lebihnya 5624 dengan perbandingan warga laki-laki sedikit lebih banyak dari warga perempuannya. Pengolahan lahan di desa Talang terdiri dari lahan untuk persawahan, perkebunan, lahan untuk pemukiman penduduk, dan  lahan kosong. Karena itu, sebagian masyarakat desa Semaan berprofesi sebagai petani, lahan yang paling luas adalah lahan tegalan yang dimanfaatkan oleh penduduk sebagai lahan persawahan. 

    Lahan untuk perkebunan merupakan lahan terluas kedua adalah lahan pemukiman dan pekarangan yang digunakan untuk membangun rumah warga ataupun sarana dan prasarana desa. Dan lahan terluas ketiga adalah lahan perkebunan, perkebunan desa Talang merupakan perkebunan pohon jati dan pohon taal. 
    Selanjutnya adalah lahan kosong yang tidak dimanfaatkan untuk pertanian ataupun perkebunan. Lahan tersebut juga tidak digunakan sebagai lahan untuk bermukim. Lahan-lahan tersebut kebanyakan ditumbuhi rumput-rumput liar dan nantinya rumput-rumput liar itu ditebas dan digunakan sebagai pakan ternak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar